Banyak Duduk Rentan Terserang Diabetes


Obat Gula Darah - Tidak dapat dibantah bahwa banyak kegiatan sehari-hari dilakukan sambil duduk. Mulai menyetir kendaraan, bekerja, beristirahat, sampai menyantap sajian makanan. Tapi, tahukah Kamu bahaya lain duduk terlampaui lama meningkatkan risiko penyakit kencing manis alias diabetes mellitus?

Dalam istilah medis, duduk terlalu lama sering dinamakan perilaku sedenter atau sitting disease. Perilaku sedenter didefinisikan juga sebagai perilaku yg membutuhkan energi dalam tingkatan rendah atau kurang lebih 10-20 % dari kepentingan kalori harian.


“Jadi, energi yang dikeluarkan tubuh jauh lebih sedikit dari yang seharusnya,” kata dr Astried Indrasari SpPD dari Divisi Endokrin dan Metabolisme RSUD Abdul Wahab Sjahranie (AWS) Samarinda.

Adapun seseorang akan dikategorikan sedenter apabila terjadi kurang dari lima ribu langkah dalam sehari. Hal tersebut dilihat dari indeks bernama sedentary pola hidup index yg meringankan deteksi awal satu buah penyakit metabolik, salah satunya diabetes mellitus.

“Apalagi kalau duduk di rumah sambil ngemil macam-macam dan nonton televisi. Kalori yang masuk berlebih tapi energi keluar sangat sedikit. Itu yang kemudian menyebabkan obesitas kemudian diabetes mellitus,” ucapnya.

Ditambahkan Astried, diabetes mellitus yaitu “pintu gerbang” beraneka ragam penyakit. Bahkan, terang wanita berkacamata itu, seseorang yg telah didiagnosis mempunyai penyakit tersebut tak bisa sembuh demikian saja. Istilah yg dikenal tentang outcome dari pasien diabetes melitus bersama respons baik yaitu diabetes mellitus bersama gula terkontrol.

Dari sekian banyak penelitian, terangnya, seseorang yg masuk tipe sedenter berisiko lebih gede mengidap diabetes mellitus akibat ada pengurangan ambilan glukosa darah ke dalam otot. Maka, kerja hormon insulin terbatas. “Insulin itu hormon terpenting untuk mengembalikan glukosa darah ke dalam otot,” jelas wanita 36 tahun tersebut.

Biar kadar gula dalam darah tetap terkontrol, ada baiknya Kamu menjaga pola hidup jadi tambah baik. Selain menjaga pola makan, biasakan juga beraktivitas yg menuntut aktivitas badan lebih ekstra dari rata-rata. “Duduk memang tidak dilarang. Tapi, sambil diimbangi berjalan kaki agar tidak dikatakan sedenter. Misalnya, saat merasa duduk sudah terlalu lama, lanjutkan dengan melangkahkan kaki,” tutup Astried.
Banyak Duduk Rentan Terserang Diabetes | Diego | 5

0 comments:

Post a Comment