Ikan Gabus Efektif Turunkan Gula Darah Tinggi


Peneliti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggunakan ikan gabus guna jadi bahan penelitian sebagai obat alternatif buat penyakit diabetes. Caranya, melakukan ekstraksi ikan gabus yg kemudian teruji terhadap hewan uji.

Ketua Jurusan Biologi ITS Dewi Hidayati di Surabaya, mengemukakan ekstrak ikan gabus dapat menurunkan kadar gula darah & memperbaiki jaringan pankreas rusak, sebab kerusakan jaringan pankreas sanggup menyebabkan terjadinya hiperglikemik atau kadar gula berlebih dalam darah.

“Ikan gabus ini salah satu jenis ikan asli Indonesia yang banyak mendiami daerah pesisir, namun tidak banyak masyarakat mengetahui khasiat ikan gabus, terutama dalam hal pengobatan, khususnya untuk penyakit diabetes,” tegas Dewi, yg melaksanakan penelitian dgn Sri Nurhalita.


Beliau mengemukakan Diabetes Mellitus (DM) salah satu tipe penyakit penyebab kematian paling atas ke-6 di Indonesia. Rata-rata penderitanya tak sadar mengidap penyakit itu dikarenakan kurangnya wawasan penduduk tentang gejala-gejala yg timbul.

“Sebelumnya kami telah memberikan senyawa aloksan ke dalam tubuh hewan uji. Senyawa ini bertujuan merusak jaringan pankreas pada hewan uji. Kerusakan inilah yang nantinya akan diuji dengan memasukkan ekstrak ikan gabus ke dalam tubuh hewan uji,” ucap dia.

Menurut ia, sejauh ini penyakit diabetes kerap terhubungkan bersama penyakit impotensi yg tidak sedikit menyerang laki laki dewasa. Berdasarkan faktor tersebut juga, mereka jalankan pengujian pada penyakit tersebut terhadap hewan uji dgn menghasilkan penderita diabetes laki laki dapat disertai dgn penyakit impotensi. Sesudah itu, dirinya meneruskan, baik jaringan testis ataupun pankreas hewan uji teramati, nantinya tampak ekstrak ikan gabus yg sanggup meregenerasi jaringan pulau Langerhans pankreas, yg pada awal mulanya rusak akibat pemberian senyawa aloksan. Sebesar 69,78 % jaringan pankreas bisa kembali normal.

“Berdasarkan penelitian berjudul Blueprint for Change, penderita diabetes di Indonesia tercatat mencapai 7,6 juta orang. Sebanyak 41 persen di antaranya tidak mengetahui kondisi kesehatannya dan 39 persen mendapatkan pengobatan, sisanya hanya 0,7 persen penderita diabetes yang mendapatkan pengobatan dengan tepat,” jelas dia.

Oleh sebab itu, dalam penelitian ini serta didapatkan hasil berupa penurunan Malondialdehyde (MDA) yg menunjukkan adanya stres oksidatif akibat adanya radikal bebas yg terkandung dalam senyawa aloksan. Itu menunjukkan ekstrak ikan gabus dapat difungsikan sbg antioksidan efektif bagi penderita diabetes.

“Penelitian mengenai ikan gabus ini akan dikembangkan lagi dalam hal molekular. Pendekatan molekular ini dapat menjadi ilmu baru dalam bidang pengobatan di Indonesia,” tutur dia.

Dirinya menginginkan ekstrak ikan gabus yg sudah menjadi penelitian dgn tim bisa jadi obat diabetes yg efektif, murah, & gampang didapat oleh penduduk. “Dengan penemuan ini masyarakat dapat memperoleh pengobatan untuk penyakit diabetes secara maksimal,” ucap dia.
Ikan Gabus Efektif Turunkan Gula Darah Tinggi | Diego | 5

0 comments:

Post a Comment