Gula Darah Tinggi Bikin Wajah Tampak Lebih Tua


Kadar gula darah tinggi tidak cuma berpengaruh terhadap kesehatan saja. Menurut penelitian teranyar, level gula darah yg tinggi mampu mengakibatkan wajah seseorang nampak lebih tua dari usianya.

Sebuah penelitian yg dilakukan oleh Leiden University Medical Centre & Unilever R&D sudah menemukan adanya interaksi antara kadar gula darah manusia bersama dgn umur wajah (facial age). Penelitian ini yaitu inisiatif dari Netherlands Consortium for Healthy Ageing yg bertujuan mendalami bagaimanakah kesehatan akan dipertahankan dikala umur satu orang bertambah.

Penelitian yg dilakukan di Belanda ini melibatkan lebih dari 600 laki laki & perempuan yg laksanakan tes pada kadar gula darah (tanpa puasa) & seterusnya difoto. 60 orang pengamat lantas diminta memberikan perkiraan mereka pada umur para peserta peneliti tersebut berdasarkan foto mereka. Umur yg sebenarnya setelah itu di bandingkan dgn hasil pengamatan tadi.


Penelitian yang merupakan penelitian pertama kali itu, mengetahui bahwa orang berumur antara 50- 70 th dgn kadar gula tinggi terlihat lebih tua dari mereka yg berkadar gula darah lebih rendah dgn umur yg sama. Hasil dari penelitian itu memperlihatkan, apabila seseorang mengalami kenaikan kadar gula darah sebanyak 1mmol/liter, maka wajahnya dapat kelihatan lebih tua 5 bulan.

"Hasil studi ini semakin menunjukkan pentingnya mengontrol kadar gula darah bagi kesehatan orang di usia paruh baya. Kelihatan lebih muda mungkin bisa menjadi motivasi bagi orang untuk mengubah gaya hidupnya agar menjadi lebih sehat di sekitar usia 50-70 tahun," ucap Associate Professor di Leiden University Medical Center, Diana van Heemst, seperti yang dikutip dari rilis pers Unilever.

"Ini pertama kali dibuktikan adanya hubungan antara kadar gula darah dan penuaan wajah. Sudah banyak riset yang membuktikan bahwa kadar gula darah yang terus menerus tinggi adalah tidak baik untuk kesehatan, dan studi ini membuktikan bahwa hal tersebut ternyata juga membuat orang tidak kelihatan awet muda," jelas Ilmuwan Senior di laboratorium R&D Unilever di Colworth Science Park, David Gunn.

"Meskipun kita tahu bahwa kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan penuaan pada wajah, masih dibutuhkan riset lebih jauh untuk mencari tahu apa penyebabnya yang sebenarnya," pungkas David.
Gula Darah Tinggi Bikin Wajah Tampak Lebih Tua | Diego | 5

0 comments:

Post a Comment